Agen CellMaxx Indonesia agen resmi penjualan CellMaxx di seluruh wilayah di Indonesia.

Gejala Awal Penyakit Diabetes

Gejala Awal  Penyakit Diabetes

 Gejala Awal  Penyakit Diabetes

Gejala awal diabetes yang perlu diwaspadai

 

Pengertian Diabetes

Penyakit Diabetes atau kencing manis merupakan penyakit yang disebabkan adanya penumpukan gula dalam aliran darah.Penumpukan gula darah tersebut terjadi karena kekurangan insulin atau gangguan pada prankeas untuk menghasilkan insulin.Dalam proses pencernaan makanan makanan akan diurai menjadi elemen dasarnya begitu pula gula nanti akan diuraikan menjadi glukosa(gula sederhana).Glukosa ini akan diubah menjadi energi melalui prankeas dengan bantuan insulin.Dalam kasus penderita diabetes kadar insulin tidak mencukupi untuk mengubah glukosa menjadi energi sehingga terjadilah penumpukan gula dalam darah.
Penyakit Diabetes dibagi menjadi dua macam yaitu:

Diabetes yang didasarkan Insulin

Penyakit diabetes ini diakibatkan fungsi prankeas yang yang tak dapat menghasilkan insulin sehingga terjadi penimbunan gula pada aliran darah.

Diabetes yang tidak didasarkan Insulin

Diabetes ini dsebabkan karena jumlah insulin dalam tubuh tidak mencukupi untuk memproses kadar gula dalam darah menjadi energi.Penyebab penurunan jumlah insulin ini bukan dikarenakan adanya masalah pada fungsi prankeas akan tetapi insulin dihisap oleh sel-sel lemak dalam tubuh.

Gejala-Gejala Penyakit Diabetes

Terdapat beberapa gejala yang menunjukan awal dari penyakit diabetes.Berikut beberapa gejala yang menunjukan seseorang mengidap penyakit diabetes:
  • Mati Rasa

Mati rasa (kebas) atau kesemutan sering dialami pada tangan dan kaki beserta jari jemarinya,hal ini terjadi karena kelebihan gula darah dapat merusak serabut saraf.
  • Lebih sering buang air kecil (biasanya di malam hari)

Pada hasil survey dari para penderita diabetes mereka sering kali buang air kecil terutama pada malam hari.
  • Berat badan turun drastis

Pada penderita diabetes penyerapan kadar gula menjadi energi jelas mengalami masalah sehingga secara tidak langsung hal itu berpengaruh pada penurunan berat badan drastis.Penurunan berat badan ini tidak dikarena alasan tertentu seperti diet atau apapun itu.Jadi ada baiknya segera memeriksakan kesehatan.
  • Penglihatan mulai kabur

Gejala ini biasanya dirasakan penderita diabetes tipe 2,kaburnya penglihatan dipengaruhi kenaikan kadar gula darah yang merusak pembuluh darah dan membatasi masuknya cairan ke mata.
Gejala ini masih bisa disembuhkan namun jika kadar gula tetap tidak turun maka efeknya bisa sampai kebutaan permanen.
  • Masalah kulit

Dari sekian gejala-gejala diabetes gejala berupa masalah kulit belum tentu memastikan seseorang mengidap diabetes karena gejala berupa masalah kulit bisa pula disebabkan oleh beberapa faktor lainnya.Masalah kulit yang biasanya diderita berupa gatal-gatal,kulit jadi bersisik,kulit jadi kering dan iritasi.
  • Kelelahan dan mudah emosi 

Akibat perubahan intensitas buang air kecil di malam hari menyebabkan kurangnya tidur efeknya akan mudah lelah di pagi hari karena kelelahan ini juga emosi menjadi tidak stabil (mudah marah).
  • Sering merasa haus

Perubahan intensitas buang air kecil mengakibatkan banyaknya cairan tubuh yang hilang sehingga dampaknya rasa haus yang berlebih (dehidrasi).
  • Pemulihan luka menjadi lamban

Proses pemulihan luka berkaitan dengan sistem imun tubuh,penderita diabetes memiliki kadar gula berlebih sehingga sistem imun tubuh menjadi berkurang.Itulah sebabnya pemulihan luka menjadi lamban.
  • Infeksi pada Gusi

Penderita diabetes memiliki kerentanan lebih terkena infeksi pada gusi seperti gusi memerah,gusi bengkak,dan iritasi.
  • Infeksi Jamur

Akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh pada penderita diabetes sehingga retan sekali terkena infeksi berbagai bakteri dan virus.
  • Gairah Seks Menurun

Penyakit diabetes memengaruhi pula pada hormon yang mengakibatkan gairah seks yang menurun.
  • Ibu hamil melahirkan bayi dengan berat badan lebih dari 4 kg

Gejala Awal Penyakit Diabetes Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sani Supita

0 komentar:

Poskan Komentar