Agen CellMaxx Indonesia agen resmi penjualan CellMaxx di seluruh wilayah di Indonesia.

Kanker Otak Primer

Kanker Otak Primer 

kanker otak primer

 

Kanker otak merupakan jenis kanker dimana sel kanker merusak sel jaringan otak.Kanker Otak dibagi menjadi dua jenis yaitu kanker otak primer dan kanker otak sekunder.Kanker Otak Primer merupakan kanker otak dimana sel kanker menyerang secara langsung jaringan sel pada otak sedangkan kanker otak sekunder adalah jenis kanker otak yang disebabkan adanya rambatan sel kanker dari organ tubuh yang lain yang telah terserang sel kanker.

Kanker Otak Primer biasanya diawali dengan adanya pertumbuhan sel kanker pada salah satu bagian dari otak yang kemudian merambat merusak sel-sel otak lainnya yang berada dalam otak.Penyebaran sel kanker pada otak hanya akan menyebar merusak sel-sel disekitarnya (menyerang bagian otak itu sendiri),pertumbuhan sel yang terjadi tidak akan merambat merusak sel-sel organ tubuh yang lain.

Terdapat beberapa jenis kanker otak primer yang didasarkan bagian otak mana saja yang terkena pertumbuhan sel kanker,berikut beberapa jenis kanker otak primer:
  • Astrocytoma

Astrocytoma merupakan jenis kanker otak yang menyerang sel-sel neuroglia astrosit pada otak.Astrocytoma biasanya memiliki bentuk menyerupai bintang.
  • Glioma

Glioma adalah kanker otak yang paling banyak dimana meliputi 50% tumor otak primer.Kanker otak jenis ini menyerang sel-sel glia (neuroglia) yang merupakan tisu yang mengelilingi dan mendukung neuron atau sel-sel saraf otak.
  • Medulloblastoma

Medulloblastoma adalah tumor ganas yang sering terjangkit oleh anak-anak.Tumor ganas ini menyerang pada sel-sel otak kecil yang akan mengalami penyebaran yang sangat cepat ke jaringan otak yang lain.Medulloblastoma cenderung terdapat pada jaringan otak sekitar cairan serebrospinal dan batang otak.
  • Ependymoma

Ependymoma merupakan kanker otak yang terdapat pada ependyma atau membran epitel yang melapisi ventrikel otak dan kanal tulang belakang.
  • Glioma batang otak

Glioma batang otak merupakan kanker otak yang terdapat pada bagian otak yang berisi medula oblongata, pons varolii, dan otak tengah,  bagian otak yang menghubungkan sumsum tulang belakang ke otak.
  • Meningioma

Meningioma merupakan kanker otak yang terdapat pada meninges atau membran otak dan sumsum tulang belakang.Jenis kanker meningioma biasanya jinak dan tumbuh dengan lambat sehingga terlambat untuk dideteksi.
  • Adenoma

Adenma merupakan salah satu jenis tumor otak jinak yang menyerang kelenjar hipofisis dan dasar otak.
  • Neurinoma

Neurinomatumor otak yang terdapat pada fosa posterior. Saraf kranial kedelapan, yang menyampaikan indera pendengaran dan keseimbangan.
  • Limfoma

Limfoma merupakan jenis tumor otak yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh .Tumor jenis ini menyerang pada limfosit (sel yang memiliki tugas untuk pertahanan tubuh). Tumor ini  termasuk tumor ganas yang berasal dari jaringan limfoid. Tumor ini sering terjadi pada pasien dengan AIDS dan pasien imunosupresi.

Kanker Otak Primer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar